Wisata Pulau Samosir, Danau Toba: Keindahan Alam dan Keunikan Tradisi

Obyek Wisata Pulau Samosir. Berbicara tentang Pulau Samosir, pasti kita akan membayangkan sejuta keindahan alam maupun keunikan tradisi masyarakatnya. Pulau ini, secara geografis, berada di tengah-tengah danau, namanya Danau Toba. Siapa yang tak mengenal danau yang satu ini? Popularitasnya telah diakui oleh banyak orang; bukan saja masyarakat Sumatera Utara dan Medan. Pun, danau ini terbentuk oleh satu letusan maha dahsyat gunung vulkanik yang lalu membentuk kaldera raksasa dan berair, hingga membentuk danau. Orang menamainya Danau Toba.
Berwisata menuju Danau Toba, memang mengasyikkan. Namun, keasyikan ini tak akan berakhir dengan sempurna bila kita mengabaikan destinasi wisata di Pulau Samosir. Pulau Samosir, dengan seluk beluk masyarakat tradisionalnya, memiliki ragam tempat wisata yang indah. Anda tertarik aktivitas apa yang bisa dilakukan saat mengunjungi pulau tersebut?
Pulau Samosir 1
Samosir Island,  Danau Toba,  Sumatra
Pulau Samosir 3
Kuliner Mie Gomak. Berpetualang ke Pulau Samosir selalu menawan hati kita. Sesekali kita bisa mampir ke kedai masyarakat setempat sekadar menikmati makanan mie Gomak. Bentuk fisik mie ini, terlihat tebal dan lebih menyerupai spaghetti. Kenikmatannya berbaur padu dengan taburan saus yang tampak menyerupai rendang. Saus yang berbahan bumbu andaliman, bercampur jahe dan merica. Rasanya pun menjadi pedas dan panas. Sebuah rasa yang pas untuk menghangatkan tubuh. Pelengkap, mie Gomak juga ditaburi dengan kelapa yang telah disangrai.
Melihat Batu Parsidangan. Dahulu kala, ada tempat persidangan rakyat yang berada di Ambarita. Di tempat tersebut, ada beberapa batu-batu yang disusun rapi secara melingkar. Konon, batu parsidangan ini telah berusia ratusan tahun lamanya.
Pantai Pasir Putih. Ini bukan sebuah pantai, melainkan perairan yang berada di pinggiran danau Toba. Meskipun bukan pantai, lokasi ini menyimpan hamparan pasir yang putih dan bersih. Sehingga, tempat ini selalu ramai dengan wisatawan. Selain bermain air, wisatawan bisa bermain jetski, berenang, ataupun banana boat.
Mengelilingi pulau menggunakan sepeda motor. Asyiknya mengelilingi Pulau Samosir dengan menaiki sepeda motor. Terlebih di sana, ada jalan yang terhubung tunggal yang memungkinkan wisatawan bisa menikmati panorama alam Pulau Samosir dari berbagai sudut pandang. Masyarakatnya yang ramah dan bersahabat, akan bisa kita jumpai di sana. Pun dengan alam pedesaannya yang sejuk, dengan latar belakang bukit-bukit yang lebat berwarna hijau, adalah pemandangan yang sangat luar biasa.
Pertunjukan Sigale-gale. Peninggalan leluhur masyarakat Samosir ini bernama Sigale-gale. Itu adalah sebuah tarian tradisional khas Batak. Biasanya, pertunjukan ini diadakan di daerah kampong tua, Huta Bolon. Tarian Sigale-gale mengandung pesan sebuah kerinduan mendalam yang dimiliki raja kepada anaknya yang hilang. Kesedihan sang raja lalu digambarkan melalui gerak-gerik dalam tarian yang bernama Sigale-gale tersebut. Wisatawan yang sedang menonton pertunjukkannya, akan merasa kagum dengan peninggalan leluhur masyarakat Samosir itu.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku