Profil Basuki Hadimuljono

Biografi Basuki Hadimuljono

   Profil Basuki Hadimuljono   

Nama : 
Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. 

Tempat Lahir : 
Surakarta

Tanggal Lahir : 
Jumat, 5 November 1954

Zodiac : Scorpion

Agama : Islam

Warga Negara : Indonesia

   Biografi Basuki Hadimuljono   

Indonesia benar-benar sedang menikmati sebuah bentuk pemerintahan baru yang oleh sebagian besar rakyatnya berharap dapat menghembuskan angin segar. Indonesia telah banyak bergantung pada pemimpin baru ini agar dapat membawa sebuah bentuk perubahan yang signifikan. Oleh sebab itu pemerintahan Jokowi ini mencoba mewujudkannya dengan mengangkat sosok menteri yang dirasa cukup mumpuni dan juga kompenten dalam bidangnya. Salah satunya adalah sosok Basuki Hadimuljono. Menteri bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan ini diharapkan mendedikasikan segalanya untuk Indonesia. Berikut biografi Basuki Hadimuljono.

Sosok Budi Hadimuljon bukanlah tokoh yang baru namum merupakan sebuah wajah baru didalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Berdasarkan biografi Basuki Hadimuljono, beliau lahir pada tanggal 05 November 1954. Beliau adalah salah satu tokoh Indonesia yang juga berasal dari Surakarta atau Solo. Ayah beliau dulunya adalah seorang TNI Angkatan Darat. Meskipun beliau berasal dari Surakarta namun beliau besar dengan hidup nomaden dikarenakan pekerjaan sang ayah. Namun meskipun hidup dengan berpindah-pindah tidak menyebabkan beliau memiliki kualitas pendidikan yang buruk. Biografi lengkap Basuki Hadimuljono menunjukkan bahwa beliau sangat kosen dalam pendidikannya.

Basuki menamatkan pendidikan dasarnya di Palembang sedangkan untuk pendidikan tingkat pertamanya di habiskan dengan berpindah-pindah. Pendidikan kelas atasnya di tuntaskan di SMA Negeri 5 Surabaya. Sekolah inilah yang pada akhirnya dapat menjadikan Basuki salah satu mahasiswa di jurusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada. Hingga pada akhirnya berliau mendapatkan gelar sarjana strata satu geologi. Biografi Basuki Hadimuljono ini memang sangat mengesankan meskipun dengan hidup selalu berpindah beliau tetap bisa mendapatkan pendidikan yang bagus. Profil biografi Basuki Hadimuljono secara lengkap ini merupakan salah satu bukti bahwa sosok Basuki adalah salah satu sosok hebat yang patut dijadikan contoh.


Setelah lulus S1 beliau bekerja di Departeman Pekerjaan Umum yang kemudian memberikan beasiswa S2 dan juga S3. Sehingga untuk kompetensi, beliau tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah jelas sangat mumpuni. Tidak salah jika Presiden Jokowi memilinya sebagai menteri Pekerjaan Umum. Berdasarkan biografi Basuki Hadimuljono, beliau juga pernah menjabat sebagai Jendaral Kementrian Pekerjaan Umum 2007-2013. Sedangkan pada masa pemerintahan SBY beliau pernah menjadi tim penanggulangan lumpur Lapindo. 
PENDIDIKAN
  • S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat
  • Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat
KARIR
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005–2007
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum periode 2007–2013
  • Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum
  • Menteri PU dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku