Wisata Pacitan: Pantai dan Pesona Alam yang Indah

1. Goa Gong
Berkunjunglah ke kota paling ujung barat daya Jawa Timur ini! Kota tempat lahir Presiden SBY ini punya banyak wisata alam yang memikat mata. Kebanyakan memang berupa pantai. Namun ada juga yang berupa goa alami. Seperti Goa Gong.
Goa Gong
Goa ini memiliki panjang sejauh 300 meter. Tempat wisata Pacitan ini terletak di Desa Bomo Kecamatan Punung; sekitar 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Perjalanan Anda menuju lokasi goa, akan ditemani oleh panorama indah berupa perbukitan dengan goa-goa di sana. Anda akan dibuat terpana begitu memasuki bagian dalam. Ada sebuah batu yang bila dipukul maka akan mengeluarkan bunyi seperti gong yang ditabuh.
2. Pantai Klayar
Jenuh dengan rutinatas di kota yang melelahkan? Kita bisa mencoba berlibur ke pantai yang satu ini. Pantai Klayar namanya. Lokasi wisata pantai indah ini berada di Kecamatan Donorejo, 35 km kea rah barat Kota Pacitan. Jarak tempuh bila kita capai dari Kota, sekitar 60 menit perjalanan.
Pantai Klayar 1
Pantai Klayar 2
Bicara tentang Klayar, maka kita akan membayangkan keindahan dan keelokan panorama pantai dan sekitarnya. Butiran pasir yang putih, deburan ombak yang tinggi, air mancur alami setinggi 10 meter, berpadu indah dengan hamparan batuan karang yang berjejal di bibiran pantai. Semua keindahan ini patut kita rasakan saat berada di sana.
4. Goa Tabuhan
Ada goa lain yang rasanya sayang kalau kita tinggalkan. Goa Tabuhan. Tempat Wisata Pacitan yang satu ini kaya pesona alam bersejarah. Goa ini berada sekitar 30 km dari pusat kota dan relatif berdekatan dengan Goa Gong. Goa ini masih Dukuh Tabuhan Desa Wareng Kecamatan Punug, Pacitan.
Goa Tabuhan
Laiknya goa, di dalam Goa Tabuhan, ada banyak stalagmit dan stalagtit. Masyarakat meyakininya bahwa keduanya terbentuk sejak ratusan tahun lalu. Panjangnya bisa mencapai 7 meter dengan diameter hingga 1 meter. Kalau dilihat, tampaklah seperti pilar raksasa yang menjulang kokoh dan menawan.
5. Kolam Renang Banyu Anget
Selain obyek wisata pantai dan goa, ada tempat wisata Pacitan yang lainnya, yaitu kolam renang Banyu Anget. Sesuai namanya, tentu di sana ada pemandian yang airnya anget, dalam bahasa Indonesia artinya ‘hangat’. Air panas tersebut bersumber Tirto Husodo di Pacitan. Lokasi wisata yang satu ini terletak 15 km sebelah utara pusat kota. Perjalanan menuju kesana relatif mudah terjangkau. Pemandian ini memiliki 4 buah kolam. Satu kolam menjadi kolam utama; mengandung air panas. Kolam ini akan mengalirkan air panasnya ke tiga kolam berikutnya. Tiga kolam lain, berupa dua kolam yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Dan, 1 kolam khusus untuk anak-anak.
Hal yang perlu diperhatikan, setiap pengunjung terlarang untuk memasuki kolam utama. Karena suhu panasnya yang tinggi. Sehingga mereka hanya diperbolehkan menikmati air di tiga kolam lainnya.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku