Pantai Gili Trawangan

Geografis
Belahan barat laut Pulau Lombok, ada tiga gugusan pulau atau gili. Di antara ketiganya, ada sebuah pulau yang paling besar. Namanya Gili Trawangan. Pulau Gili Trawangan berpopulasi sebanyak 800 penduduk; luasnya kira-kira 6 km persegi. Selain Gili Trawangan, ada dua gili yang lain, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Hanya saja, suasana di Gili Trawangan lebih dominan oleh hal-hal yang berbau pesta.

Pesona Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan menyimpan keindahan alamnya yang luar biasa. Jika anda berwisata ke Lombok, pastikan mengunjungi tempat yang sati ini. Air lautnya sangat jernih, bersih, berwarna paduan biru dan hijau toska. Berdiri di pesisir pantai nan elok ini, kita bisa melihat dari kejauhan kokohnya Gunung Agung di Bali, maupun ketinggian Gunung Rinjani di Lombok.
Pantai Gili Trawangan 1
Pantai Gili Trawangan 2
Pantai Gili Trawangan 3
Pantai di Gili Trawangan memang tak akan pernah membuat jemu siapa pun yang mendatanginya. Kedalaman air lautnya, menyimpan ribuan biota laut yang luar biasa. Wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, suka melakukan kegiatan diving di sana. Dan, memang Gili Trawangan merupakan basis bagi kegiatan tersebut. Ada sejumlah spot untuk melakukan diving di sana. Seperti Deep Turbo, Jack Point, Shark Point, Halik Reef, Fan Garden, Trawangan Slope, dan Simons Reef.
Tak semua wisatawan yang suka melakukan diving. Sebagai ganti, mereka bisa bersantai di tepian pantai. Selain itu, tak ada salahnya bila mereka mencoba snorkeling.
Konservasi Kura-kura
Mendekatlah ke tempat pembiakan hewan kura-kura ini. Tempatnya tak jauh dari Pelabuhan Gili Trawangan. Di sana, kita bisa menjumpai kumpulan kura-kura yang masih kecil, dan ditempatkan pada wadah besar semacam akuarium. Hewan tersebut dipelihara hingga mencapai usia beberapa bulan. Setelah dirasa cukup, barulah oleh pengelola konservasi, kura-kura lalu dilepas ke lautan bebas. Menariknya, pelepasan hewan tersebut, selalu diiringi dengan upacara adat setempat. Hingga banyak wisatawan yang dengan antusias melihatnya.
Konservasi Kura-kura
Panorama Matahari terbenam (Sunset)
Di Gili Trawangan, ada sebuah spot yang bernama Sunset View. Letaknya berada di sebelah barat Gili Trawangan. Di sana, kita bisa duduk bersantai sembari menantikan detik-detik terbenamnya matahari di ufuk barat. Indah. Tentu saja. Prosesi matahari yang hendak terbenam bisa kita saksikan dan nikmati sambil makan maupun minum.
Selain wisata pantai, Gili Trawangan juga kaya wisata seni beladiri tradisional. Masyarakat setempatnya menyebutnya sebagai presean atau stick fighting. Pagelaran seni beladiri ini biasanya di Pasar seni Gili Trawangan.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku