Dua Orang Terkaya RI Sukses Berkat Industri Rokok



Ternyata, orang-orang terkaya di Indonesia merupakan pewaris perusahaan rokok. 

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah tahu Forbes setiap tahun merilis daftar nama-nama miliarder dari seluruh dunia. Dari nama-nama itu, tahun ini terselip 22 nama orang-orang terkaya dari Indonesia

Bangga atau tidak, ada fakta menarik dari jejeran nama-nama tersebut. Dilansir dari forbes.com, Sabtu (14/3/2015), dari sekian nama orang terkaya di Indonesia, dua teratas dinobatkan sebagai miliarder berkat industri rokok. R. Budi dan Michael Hartono merupakan pewaris perusahaan Djarum.

Digabung dengan harga saham BCA milik mereka yang terus meningkat, total kekayaan mereka tercatat sebanyak US$ 16,5 miliar (setara Rp 214,5 triliun). Sedangkan di nomor dua ada Susilo Wonowidjojo.

Nama Susilo mungkin kurang akrab dikenal, namun siapa yang tidak pernah mendengar Gudang Garam? Berkat perusahaan rokok yang diwarisi oleh ayahnya, Surya Wonowidjojo, kini jumlah kekayaan Susilo mencapai US$ 8 miliar (setara Rp 104 triliun).

Mungkin karena tanah Indonesia yang subur namun kurang sistem yang mendukung, sehingga tembakau cocok tumbuh berkembang baik. Mungkin karena rokok merupakan substansi pelampiasan tekanan pikiran paling terjangkau oleh seluruh kalangan.

Tidak akan mengejutkan jika di tahun berikutnya, akan ada perusahaan rokok lain yang mengantar penemunya menjadi daftar orang terkaya di Indonesia mengikuti Djarum dan Gudang Garam.(Indy/Nrm)

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku