"Ahok Itu Mau DPRD Ini Takluk dengan Dia"

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebenarnya ingin mengendalikan APBD DKI seorang diri.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI dipaksa untuk mematuhi keinginan Ahok. "Ahok itu mau DPRD ini takluk dengan dia. Artinya, APBD itu dikendalikan oleh Ahok. DPRD tinggal mengikuti," ujar Ucok dalam diskusi di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (15/3/2015). 

Akan tetapi, kata Ucok, hal yang saat ini terjadi justru di luar kendali Ahok (sapaan Basuki). DPRD DKI melawan dengan membentuk tim hak angket. Padahal, persepsi Ahok, menurut Ucok, jika Ahok berhadapan dengan DPRD maka Ahok akan dibela oleh masyarakat dan media sehingga Ahok memprediksi DPRD akan takut dengan hal tersebut. 

Ucok pun membandingkan pada masa Joko Widodo masih menjabat sebagai gubernur. Saat itu, menurut Ucok, DPRD DKI akan langsung disudutkan ketika mulai sedikit saja mengkritik Pemerintahan Provinsi DKI. Akan tetapi, saat ini tidak lagi. 

Ucok melihat justru Ahok yang mulai terpojok karena sedikit demi sedikit pelanggaran yang dilakukan Ahok terkuak. "Waktu Jokowi itu kan kalau DPRD ngomong sedikit langsung disikat. Kalau sekarang Ahok yang mulai terpojok," ujar Ucok.

Apalagi dengan pemanggilan istri Ahok, Veronica Tan, yang pernah direncanakan tim hak angket sebelumnya. Menurut Ucok, hal ini adalah langkah cerdas yang dilakukan DPRD. Veronica disebut-sebut sebagai benteng pertahanan Ahok. 

Menurut Ucok, pemanggilan Veronica akan membuka pelanggaran lain yang mungkin dilakukan Ahok selain prosedur pengiriman APBD yang dilanggar. "Ini kayak pintu masuk buka yang lain termasuk CSR," ujar Ucok.

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2015/03/15/16455741/.Ahok.Itu.Mau.DPRD.Ini.Takluk.dengan.Dia./?utm_source=kompasiana&utm_medium=widget&utm_campaign=w_terpopuler

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku