Mantan Guru PAUD Bisa Hasilkan Omzet sampai 25 juta

Rosmaini, wanita berusia 33 ini lebih memilih untuk berwirausaha dan meninggalkan profesinya sebagai guru pendidikan anak usia dini (Paud).

Bermula dari aksi coba-coba untuk membiayai kuliahnya sebagai syarat menjadi seorang guru, Ros panggilannya memulai untuk membuat sebuah usaha di bidang industri makanan yakni keripik pisang.

Ros tak sungkan menawarkan produk dagangannya kepada teman-temannya di kampus (Universitas Terbuka/UT) dan ditempatnya mengajar. Ia mulai usahanya di 2010 dengan modal Rp400 ribu dan menjualkan keripik pisang hasil produksinya seharga Rp1.000. Selain menawarkan produk dagangannya kepada teman-teman di sekelilingnya, Ros juga menjajal untuk mendistribusikannya ke minimarket dan mal, sayangnya tawaran yang ia lakukan ditolak.

"Ada yang menolak secara halus, ada juga yang langsung bilang 'sudah gak ada tempat untuk produkmu'. Intinya mereka minta bukti izin dari camat, lurah, dan Departemen Kesehatan," ujar Ros ditemui di kediamannya, Kampung Belimbing Kelurahan Sadai Kecamatan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/11/2014).

Namun penolakan tersebut tidak membuat ibu dari dua anak ini berhenti memproduksi keripik pisang. Dengan niat mencari tambahan biaya, ia bertekad untuk melebarkan usahanya. Beruntung, Tuhan mendengar niat gigih Ros. Ada temannya yang memperkenalkannya dengan H. Komarudin yang merupakan Kepala Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Riau.

Jasa Raharja memiliki program kemitraan yakni dengan memberikan bantuan berupa pinjaman dana untuk pelaku usaha kecil. Akhirnya, dengan kepercayaan diri yang tinggi, Ros pun mencoba untuk meminjam Rp5 juta pada Jasa Raharja pada akhir 2010. Dengan tenor 24 bulan (dua  tahun) dan bunga enam persen, Ros berhasil mengembalikan pinjamannya dalam waktu 20 bulan.

Tak berhenti di sana, dia pun kembali meminjam dana sebesar Rp10 juta, karena buah dari usahanya semakin berkembang dan memerlukan banyak peralatan untuk mendukung produksi.

"Awalnya saya melakukannya sendiri, setelah Maghrib dia mulai kegiatan produksi yakni 10 kilogram (kg) per hari. Di tahun kedua meminjam modal, karena banyak yang minat produksi bertambah 30 kg per hari, dan itu membutuhkan peralatan seperti penggorengan dan lain-lain. Semua dilakukan secara manual tanpa mesin," terangnya.

Setelah bisa melunasi pinjaman keduanya, Ros semakin berani meminjam dengan nilai yang lebih besar yakni Rp25 juta. Semakin hari permintaan semakin bertambah, dia memberdayakan orang-orang disekitarnya yakni saudara dekat. Saat ini ada tiga karyawan yang membantunya.

Namun, karena ia tak percaya pada orang lain, marketing pun dilakukannya sendiri. Dengan bertambahnya pesanan hingga bisa memasok ke sejumlah mal, supermarket, dan toko-toko yang ia promosikan secara door to door, Ros pun memilih untuk berhenti menjadi guru paud dan fokus ke bisnisnya.

"Enggak ada yang bisa dipercaya untuk menangani marketing, harus saya sendiri. Lagi pula saat ini saya bisa menghasilkan omzet Rp25 juta per bulan, itu jauh dengan pendapatan sebagai guru yang hanya Rp1,2 juta per bulan. Uang segitu di Batam cuma untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sedangkan uang kuliah saya saja Rp2 juta per semester," tuturnya.

Pinjaman yang ketiga selain digunakan sebagai tambahan modal, namun juga dipakai membeli sebuah mobil (angkot) sebagai sarana yang digunakan untuk mengantarkan barang dagangannya tersebut ke toko-toko.

Bukan hanya mendapat uang untuk biaya kuliah dan kebutuhan hidup sehari-hari, Ros kini juga mampu menggaji karyawannya di mana untuk tukang goreng dia gaji sebesar Rp2 juta per bulan dan untuk tukang antar produk ke toko-toko digaji Rp1,5 juta per bulan. "Namun itu semua tergantung produksi dan berapa yang diantar," katanya.

Dirinya berharap ke depannya, ia akan mencoba untuk memasarkan produknya dan merambah ke luar Batam. Ros menambahkan, saat pinjamannya dapat dilunasi seluruhnya ia belum tahu apakah akan meminjam kembali kepada Jasa Raharja atau memutuskan untuk melepas bantuan.

"Yang terpenting saya bisa melunasi dan ingin memperbesar tempat produksi usahanya terlebih dulu. Karena, saat ini tempat yang digunakan untuk kegiatan produksi adalah rumah petak yang saya huni," jelasnya.

Sementara, Komarudin menjelaskan pihaknya memang mencoba membantu para pelaku usaha kecil yang memiliki niat mengembangkan usaha dan butuh modal, seperti Rosmiani. "Saya yakin di usia 40-50 usaha yang dilakukannya (Rosmiani) bakal lebih maju dan menjanjikan," terang Komarudin.

Jasa Raharja selain menyelenggarakan program asuransi sosial untuk para korban kecelakaan lalu lintas, juga memiliki program kemitraan yakni memberi pinjaman pada pelaku usaha kecil dengan persyaratan merupakan WNI, menjalankan usaha perseorangan bukan badan usaha dan anak usaha, yang telah melakukan kegiatan usaha minimal satu tahun dan punya prospek untuk dikembangkan, memiliki kekayaan bersih maksimum Rp200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha), memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1 miliar.

Jadi, apakah Anda berniat untuk mengembangkan usaha namun terbentur modal dan takut untuk membayar bunga yang tinggi seperti di perbankan? Anda bisa mengajukan proposal pinjaman ke Jasa Raharja, karena bunganya hanya enam persen per tahun. 

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2014/11/13/318021/mantan-guru-paud-bisa-hasilkan-omzet-rp25-juta-bulan-mau

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku