KSAL Siap Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Kepala Staf Angkatan Laut Marsekal Marsetio mengatakan, TNI AL harus memanfaatkan letak Indonesia yang strategis demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hal ini sesuai dengan janji Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan perdananya setelah dilantik sebagai Presiden RI ke-7. Saat itu Jokowi mengatakan akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Bagaimana pada saat sambutan atau pidato pertama Presiden RI Jokowi, beliau komitmen dengan Kabinet Kerja beliau untuk kembali membangkitkan kerja maritim Bangsa Indonesia," ujar Marsetio di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/11/2014).

Marsetio menilai hal tersebut merupakan tantangan baru bagi TNI AL, untuk mengambil peran dalam mewujudkan negara ini menjadi poros maritim dunia. Dia meyakini letak strategis geografis Indonesia mampu untuk mewujudkan janji Jokowi.

"Salah satunya dengan konsep poros maritim dunia, artinya apa kita melihat posisi Indonesia secara geopolitik, geostrategi, berada pada posisi silang dua samudra, dua benua, dengan posisi yang sangat strategis. Sekarang bagaimana kita bisa memainkan peran dari posisi strategis ini di negara-negara kawasan dan kita menggali sumber daya alam yang selama ini belum terekspose, yang belum dimanfaatkan besar oleh rakyat kita," tukas Marsetio di hadapan perwira tinggi TNI AL.

"Artinya bahwa pemerintah sangat berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebesar-besarnya, dan kita menjadi poros pusat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan yang sebesar-besarnya," harap Marsetio.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/12/317734/ksal-siap-wujudkan-indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku