10 Bangunan Bersejarah di Indonesia

  Daftar Bangunan Bersejarah di Indonesia  

 1  Istana Maimun
Istana Maimun - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Istana Maimun dikenal sebagai salah satu ikon di Sumatera Utara, tepatnya di ibu kotanya, Medan. Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid lah yang mendirikan bangunan sedangkan desain dibuat oleh seorang arsitek berkebangsaan Italia. Meski sudah berusia tua, bangunan ini menjadi tujuan wisata terkenal.


 2  Jam Gadang
Jam Gadang - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Menara jam ini juga dikenal dengan sebutan jam besar yang bisa dikunjungi ketika datang ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Bangunan yang menjadi objek wisata terkenal ini selesai dibangun pada tahun 1926.


 3  Jembatan Mahakam
Jembatan Mahakam - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Jembatan bersejarah ini juga dikenal sebagai Jembatan Mahkota I di mana wilayah kecamatan Samarinda Seberang dan kawasan Samarinda kota dihubungkan di atas alur Sungai Mahakam. Tahun 1987 proses pembangunan selesai dan Presiden Soeharto sendirilah yang meresmikannya.


 4  Gedung Sate
Gedung Sate - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Gedung satu ini pastinya berada di kota Bandung, Jawa Barat dan dikenal dengan ornamen khasnya yang berbentuk tusuk sate tepat di puncak menaranya. Sekalipun sudah cukup tua, bangunan ini masih eksis dan aktif digunakan sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat.


 5  Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Masjid satu ini adalah salah satu dari 10 bangunan bersejarah di Indonesia yang terkenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara dan terletak di Jakarta. Arsitek dari bangunan ini bernama Frederich Silaban.


 6  Lawang Sewu
Lawang Sewu - Bangunan Bersejarah di Indonesia
Bangunan yang menjadi ikon kota Semarang ini cukup seram juga. Dengan adanya banyak pintu, maka bangunan ini dinamai Lawang Sewu alias Seribu Pintu. Proses pembangunannya pun hanya membutuhkan waktu 3 tahun dari 1904 sampai 1907.


 7  Gereja Blenduk
Gereja Blenduk - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Gereja satu ini dikenal sebagai bangunan di mana masyarakat Belandalah yang membangunnya pada tahun 1753 dan juga sebagai gereja Kristen paling tua yang berlokasi di Jawa Tengah. Setiap hari Minggu gereja ini masih aktif dipakai untuk beribadah sampai sekarang.

 8  Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Bangunan ini terletak di sekitar titik nol Yogyakarta dan sekarang dijadikan sebuah museum. Dahulu, benteng yang dibangun dengan bentuk persegi dengan empat sudut yang memiliki menara pantau ini dijadikan pusat pertahanan dan pemerintahan residen Belanda.

 9  Taman Sari
Taman Sari - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Tempat ini adalah bagian dari Keraton Yogyakarta dan biasanya orang dapat membandingkan taman ini dengan Kebun Raya Bogor yang dikenal sebagai kebun Istana Bogor. Desain dari kebun kerajaan ini pun disebut-sebut dibuat oleh seorang arsitek yang berasal dari Portugis.


 10  Fort Rotterdam
Fort Rotterdam - Bangunan Bersejarah di Indonesia
 
Benteng ini juga dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang yang tentunya berlokasi di ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar. Bangunan ini memang sudah sangat tua, namun setiap bagian benteng masih bagus; maka dari itu, tempat ini termasuk 10 bangunan bersejarah di Indonesia yang diminati banyak wisatawan.
 
Sumber : http://www.daftarmenarik.com/2014/11/10-bangunan-bersejarah-di-indonesia.html

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku