Piala AFF, Pembuktian Kualitas Pemain Naturalisasi

Piala AFF, Pembuktian Kualitas Pemain Naturalisasi
EMPAT penggawa timnas Indonesia berasal dari program naturalisasi. Bisa apa Mereka?
Sergio van Dijk, Raphael Maitimo, Cristian Gonzalez, dan Victor Iqbonevo, adalah nama-nama pemain naturalisasi yang dipilih Pelatih Alfred Riedl. Mereka telah 'menyingkirkan' bakat-bakat lokal macam Ahmad Bustomi ataupun Ferdinand Sinaga.
Jadilah, ada semacam tekanan besar yang harus mereka pikul. Sebagai pemain yang bukan lahir di Indonesia, Gonzalez dan kawan-kawan tentu dituntut berkontribusi lebih besar.
"Mereka pemain-pemain bagus dan hebat. Saya pernah menonton aksi Cristian waktu Piala AFF 2010. Hal itu membuat semua harus berusaha keras masuk tim. Persaingan memaksa para pemain mencapai batas kemampuan terbaik mereka," ujar Van Dijk.
Indonesia akan meladeni Vietnam dalam laga perdana Grup A, Sabtu (22/11) mendatang. Dan ternyata, Vietnam sebagai tuan rumah menyatakan sangat mewaspadai pemain-pemain naturalisasi Merah Putih.
Vietnam sudah memantau perkembangan Indonesia. Pelatih Toshiya Miura, bahkan datang langsung ke Jakarta saat Timnas dikalahkan Suriah 0-2 dalam ujicoba, akhir pekan lalu. Selain itu, rekaman video pertandingan Indonesia pun menjadi bekal mereka.
Sejumlah kelemahan dan kekuatan Indonesia sudah mereka kantongi jelang laga Sabtu nanti, 22 November 2014. Salah satunya para pemain-pemain berdarah asing milik Indonesia.
"Rival kami semakin kuat setiap hari. Terutama Singapura dan Indonesia karena mereka memiliki sejumlah pemain berdarah asing dalam susunan pemain," ujar Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Le Hoai Anh, seperti dilansir Vietnamnet.
Buang Tekanan
Sementara itu, Pelatih Indonesia, Alfred Riedl tak menampik laga melawan Vietnam akan sangat sulit dimenangi. Untungnya, dia juga meyakini tim tuan rumah mengalami tekanan yang sama dengan Indonesia.

"Pertandingan pertama selalu tekanan besar bagi kedua tim tak kecuali Vietnam, tidak hanya Indonesia. Namun Indonesia saya yakin akan terus berjuang keras untuk mencapai hasil baik dipertandingan itu," ucap Riedl disitus the thao.
Mantan pelatih Vietnam itu juga mengatakan sudah memperbaiki kelemahan Indonesia. Salah satunya, mengevaluasi saat timnya dikandaskan di pertandingan terakhir melawan Suriah beberapa hari yang lalu.
"Di pertandingan kemarin saya ingin mengetahui kelemahan Indonesia agar bisa diperbaiki sebelum memasuki AFF Suzuki Cup 2014. Mudah-mudahan dengan kekalahan ini, Indonesia bisa bermain baik lagi guna meraih target juara Piala AFF," tandas Riedl.
PEMAIN NATURALISASI
Timnas Indonesia Piala AFF 2014

1. SERGIO VAN DIJK
Tanggal Lahir: 6 Agustus 1982
Tempat Lahir: Assen, Belanda
Posisi Bermain: Striker
Tinggi Badan: 185 centimeter
Performa di Level Klub
Klub: Suphanburi
Musim: 2014
Laga: 14
Gol: 3
Kartu Kuning: 1
Kartu Merah: -

2. Cristian Gonzales
Tanggal Lahir: 30 Agustus 1975
Tempat Lahir: Montevideo, Uruguay
Posisi Bermain: Striker
Tinggi Badan: 177 centimeter
Performa di Level Klub
Klub: Arema Cronus
Musim: 2014
Laga: 25
Gol: 15
Kartu Kuning: 6
Kartu Merah: 1

3. Victor Igbonevo
Tanggal Lahir: 10 Oktober 1985
Tempat Lahir: Nigeria
Posisi Bermain: Bek
Tinggi Badan: 186 centimeter
Performa di Level Klub
Klub: Arema
Musim: 2014
Laga: 26
Gol: -
Kartu Kuning: 5
Kartu Merah: -

4. Raphael Maitimo
Tanggal Lahir: 17 Maret 1984
Tempat Lahir: Rotterdam, Belanda
Posisi Bermain: Striker
Tinggi Badan: 185 centimeter
Performa di Level Klub
Klub: Mitra Kukar
Musim: 2014
Laga: 22
Gol: 1
Kartu Kuning: 6
Kartu Merah: -


Sumber : https://id-id.facebook.com/permalink.php?story_fbid=574872415992500&id=395977433882000

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2014 Indonesiaku